Menelusuri Ilmu Tasawwuf

Diposting oleh Santri Ndablegs pada 18:22, 25-Okt-13 • Di: Kajian Tasawwuf

UC Browser Versi Terbaru,Free Dowmload Now !

gambarkgerak.jpeg

Sepintas masyarakat mengenal tasawwuf dari kegiatan para pengamal Thoriqoh. Masyarakat awwam mempunyai anggapan,bahwa para pengamal Thoriqoh merupakan satu-satunya kelompok/golongan yang menekuni dunia tasawwuf.

Sebetulnya tidak,karena tasawwuf tidak sebatas pada kegiatan thoriqoh saja. Amalan-amalan/pekerjaan yang bernilai ibadah yang tidak biasa diamalkan para penganut thoriqoh,termasuk ajaran tasawwuf. Kok bisa? Karena sesungguhnya amal ibadah yang ada pada tasawwuf merupakan amalan ibadah yang ada pada Islam itu sendiri. Singkatnya,tasawwuf adalah wujud dari pengamalan ajaran syariat Islam dan syariat Islam adalah induk dari tasawwuf. Imam al Ghazali mengisyaratkan,bahwa seseorang yang dengan kesungguhan hati menjalankan syariat dan menjauhi larangannya,pasti bisa wushul dengan Tuhan.

jika kita menelusuri sejarah,awalnya thoriqoh itu belumlah ada,namun proses untuk memasuki tasawwuf biasanya membutuhkan Thoriqoh (Jalan). Sebab itulah,para pendiri thoriqoh mempunyai metode sendiri-sendiri tata cara pengamalannya,walau sebenarnya tujuannya adalah sama.

Perbedaan metode yang diajarkan para Mursyid kepada para murid-muridnya membawa ciri khas sendiri-sendiri. Dan menyebar ke penjuru negeri sampai saat ini. Dari penyebaran ilmu tasawwuf yang mempunyai metode sendiri inilah lahir sebuah nama Thoriqoh. Thoriqoh yang sudah di tetapkan oleh para gurunya,tidak boleh di kerjakan sambil lalu,namun hendaknya betul-betul dijalankan dan di kerjakan dengan latihan-latihan atau yang biasa di kenal Riyadloh.

Sebagai salah satu amaliah ibadah yang sudah menjadi nama "ilmu" tersendiri,tasawwuf mempunyai beberapa tahapan. Pada awalnya dilakukan pengenalan terhadap tasawwuf,agar tidak menyimpang dari istilah yang salah paham. Sebab tidak sedikit sebagian masyarakat mengidentikkan tasawwuf dengan hal-hal mistik,ilmu yang berhubungan dengan dunia jin atau mengetahui keberadaan makhluk halus. Bahkan yang lebih tragis adalah,bahwa orang yang dianggap sakti,di tumbak lakak-lakak,di bedil mecicil,di paku ngguyu,otot kawat balung wesi,bisa terbang dll,itu bagian dari buah ajaran tasawwuf. Ini semua anggapan yang menyesatkan.

Kajian tasawwuf secara benar,akan melahirkan pemahaman yang benar pula. Jadi tasawwuf itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan dunia paranormal,ilmu terawangan,atau kekebalan dan lain sebagainya. Ilmu tasawwuf adalah ilmu yang mengajarkan tentang tauhid murni,ibadah yang sesuai syariat,kemuliaan pekerti dengan segenap riyadloh (Latihan) rohani sebagai upaya mendekatkan diri pada Allah swt.

Bersambung...

Sumber : Pustaka Pribadi

Blog Ini Memakai Google Chrome Browser,Dowmload Now !

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

19 tanggapan untuk "Menelusuri Ilmu Tasawwuf"

dhani setiaji pada 19:05, 25-Okt-13

Mantap, mantap, mantap....... sip lah biggrin



arrow http://www.dhani-blog.com/jual-bot-fb-permanent-20k.xhtml

Agussalim pada 19:14, 25-Okt-13

Selamat menunaikan Sholat Maghrib & Isya Pak Udztads.Infonya buat nambah Ilmu Agama nih biggrin.

ihsan cybermobile pada 20:19, 25-Okt-13

trimakasih untuk infonya pak ustad..

Ngomng2 pak ustad orang mana?

Aba syahid pada 21:35, 25-Okt-13

ane suka banget dengan fost2 kayak gini kawan ..ane tunggu sambungan artikelnya..

Januhan pada 21:44, 25-Okt-13

waduh ngapunten mas...kunjungan telat...post ipun sanget manfaat...

attazy pada 21:52, 25-Okt-13

angger gak kathok cingkrang aman pak,hahaha..

Schecter pada 22:55, 25-Okt-13

mantab postingannya .

dpet banyak ilmu
ditunggu kunbalnya

Jaey Langkung pada 23:43, 25-Okt-13

Bener gak ya sob? Katanya kalo belajar tasawuf nanggung2 bisa jadi gila, hehe

kang oemar pada 00:33, 26-Okt-13

jd pengen ikud th0riq0h .. biggrin

Puji Darmanto pada 07:25, 26-Okt-13

kunjungan pagi pak

Anindita pada 13:04, 26-Okt-13

alhamdulillah ,dapat ilmu lagi..eh tadz blan lalu habib lutfi hadir di malang lho ada juga cak nun dan habib abdul qodir assegaf (solo) di ulas dunk tadzt thoriqoh nya habib lutfi

Santri Ndablegs pada 15:27, 26-Okt-13

@Jaey Langkung
Anggapan seperti itu keliru mas,sudah aku perjelas..bahwa tasawwuf itu tidak ada kaitannya sama sekali dengan klenik atau hal2 kegaiban,khusunya terawangan atau membaca pikiran orang lain. Bila ada orang yg mengajarkn demikian dan mengaku2 ajaran itu bagian dari tasawwuf,siap2 aja lari dari orang itu.biggrin biggrin yg ada malahn duitnya jebol..razz razz

Uchihakudo pada 16:14, 26-Okt-13

kunjungan perdana gan..

Follow blog saya nanti saya akan follback blog sobat. Agar kita mudah untuk saling mengunjungi..



#saya lg nyari banyak temen biggrin

ahmad zen pada 16:58, 26-Okt-13

waduh pak ustadz ngasih pencerahan lagi nih....

ψ мαCαη sτRěz ψ pada 11:53, 27-Okt-13

gambarnya malah bikin pusing sob

Rifki Maulana pada 15:22, 27-Okt-13

ilmu tasawuf adalah ilmu yang mempelajari tata cara mendekatkan diri kpd Allah SWT. .

cahgurem pada 10:19, 28-Okt-13

nyimak kang,memang anggapan kpd tasawuf bnyak yg keliru wong ngaji saja tidak,

Anindita pada 22:57, 01-Nov-13

baca postingan ini ber ulang2 kok jadi ingat cerita kakek saya , kiyai sabarudin seorang ulama (yg tersembunyi ke aliman nya, hanya mengamalkan unen2 jawa ojo rumongso iso....,) , yach tadzt kok jadi curhat kakek saya question biggrin ,SUGENG ndalu mugi pinaringan kamaharjan sak keluargo saking gusti

Oyot pada 16:14, 09-Peb-14

bahasan ini ''Ilmu tasawwuf
adalah ilmu yang
mengajarkan tentang tauhid
murni,ibadah yang sesuai
syariat,kemuliaan pekerti
dengan segenap riyadloh
(Latihan) rohani sebagai
upaya mendekatkan diri pada
Allah swt.'' ini adalah lillah semuanya karena allah murni /smata

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)