filosofi huruf jawa kuno

Diposting oleh Santri Ndablegs pada 05:31, 12-Des-13 • Di: Kejawen

hurufjawa2oq0.gif

(1) HA NA CA RA KA:

Ha: Hurip = hidup

Na: Legeno = telanjang

Ca: Cipta = pemikiran, ide ata kreatifitas

Ra: Rasa = perasaan, qalbu, suara hati

Ka: Karya = bekerja atau pekerjaan.

(2) DA TA SA WA LA DA TA SA WA LA (versi pertama):

Da: Dodo = dada

Ta: Toto = atur

Sa: Saka = tiang penyangga

Wa: Weruh = melihat

La: lakuning Urip = (makna) kehidupan.

DA TA SA WA LA (versi kedua):

Da-Ta (digabung): dzat = dzat

Sa: Satunggal = satu, Esa

Wa: Wigati = baik

La: Ala = buruk (3) PA DHA JA YA NYA:

PA DHA JA YA NYA =Sama kuatnya (tidak diartikan per huruf).

(4) MA GA BA THA NGA :

Ma: Sukma = sukma, ruh, nyawa

Ga: Raga = badan, jasmani

Ba-Tha: bathang = mayat

Nga: Lungo = pergi

Tetapi selanjutnya dengan sedikit ngawur saya pribadi akan berusaha menyelami dan menjabarkan tafsir huruf Jawa versi Ki Hadjar tersebut sesuai dengan kemampuan saya . Kalau banyak kesalahan ya mohon dimaklumi karena saya bukanlah seorang filusuf, saya hanya ingin mengenal lebih jauh huruf Jawa (walaupun secara ngawur dengan cara sendiri).

(1) HA NA CA RA KA:

Ha: Hurip = hidup

Na: Legeno = telanjang

Ca: Cipta = pemikiran, ide ataupun kreatifitas

Ra: Rasa = perasaan, qalbu, suara hati atau hati nurani

Ka: Karya = bekerja atau pekerjaan.

Dari arti secara harfiah tsb, saya berusaha menjabarkannya menjadi dua versi:

**) Ketelanjangan=kejujuran

Bukankah secara fisik manusia lahir dalam keadaan telanjang? Tapi sebenarnya ketelanjangan itu tidak hanya sekedar fisik saja. Bayi yang baru lahir juga memiliki jiwa yang "telanjang", masih suci…polos lepas dari segala dosa. Seorang bayi juga "telanjang" karena dia masih jujur…lepas dari perbuatan bohong (kecuali bayi aneh ). Sedangkan CA-RA-KA mempunyai makna cipta-rasa-karya . Sehingga HA NA CA RA KA akan memiliki makna dalam mewujudkan dan mengembangkan cipta,rasa dan karya kita harus tetap menjunjung tinggi kejujuran. Marilah kita"telanjang" dalam bercipta, berrasa dan berkarya.

**)) Pengembangan potensi

Jadi HA NA CA RA KA bisa ditafsirkan bahwa manusia "dihidupkan" atau dilahirkan ke dunia ini dalam keadaan"telanjang". Telanjang di sini dalam artian tidak mempunyai apa-apa selain potensi. Oleh karena itulah manusia harus dapat mengembangkan potensi bawaan tersebut dengan cipta-rasa-karsa. Cipta-rasa-karsa merupakan suatu konsep segitiga ( segitiga merupakan bentuk paling kuat dan seimbang ) antara otak yang mengkreasi cipta, hati/kalbu yang melakukan fungsi kontrol atau pengawasan dan filter (dalam bentuk rasa) atas segala ide-pemikiran dan kreatifitas yang dicetuskan otak, serta terakhir adalah raga/tubuh/badan yang bertindak sebagai pelaksana semua kreatifitas tersebut (setelah dinyatakan lulus sensor oleh rasa sebagai badan sensor manusia).

Secara ideal memang semua perbuatan (karya) yang dilakukan oleh manusia tidak hanya semata hasil kerja otak tetapijuga "kelayakannya" sudah diuji oleh rasa. Rasa idealnya hanya meloloskan ide-kreatifitas yang sesuai dengan norma. Norma di sini memiliki arti yang cukup luas, yaitu meliputi norma internal (perasaan manusia itu sendiri atau istilahkerennya kata hati atau suara hati) atau bisa juga merupakan norma eksternal (dari Tuhan yang berupa agama dan aturannya atau juga norma dari masyarakat yang berupa aturan hukum dll).

(2) DA TA SA WA LA: (versi pertama)

Da: Dodo = dada

Ta: Toto = atur

Sa: Saka = tiang penyangga

Wa: Weruh = melihat

La: lakuning Urip = (makna) kehidupan.

DA TA SA WA LA berarti dadane ditoto meniso ngadeg jejeg (koyo soko) lan iso weruh (mangerteni) lakuning urip.

Dengarkanlah suara hati (nurani) yang ada di dalam dada, agar kamu bisa berdiritegak seperti halnya tiang penyangga dan kamu juga akan mengerti makna kehidupan yang sebenarnya.

Kata "atur" bisa berarti manage dan juga evaluate sedangkan dada sebenarnya melambangkan hati (yang terkandung di dalam dada). Jadi dadanya diatur mengandung arti bahwa kita harus senantiasa me-manage (menjaga-mengatur) hati kita untuk melakukan suatu langkah evaluatif dalam menjalani kehidupan supaya kita dapat senantiasa berdiri tegak dan tegar dalam memandang dan memaknai kehidupan. Kita harus senantiasa memiliki motivasi dan optimisme dalam berusaha tanpa melupakan kodrat kita sebagai makhluk Alloh yang dalam konsep Islam dikenal dengan ikhtiar-tawakal, ikhtiar adalah berusaha semaksimal mungkin. sedangkan tawakal adalah memasrahkan segala hasil usaha tersebut kepada Alloh.

DA TA SA WA LA: (versi kedua)

Da-Ta (digabung): dzat = dzat

Sa: Satunggal = satu, Esa

Wa: Wigati = baik

La: Ala = buruk

DA TA SA WA LA bisa ditafsirkan bahwa hanya Dzat Yang Esa-lah (yaitu Tuhan) yang benar-benar mengerti akan baik dan buruk. Secara kasar dan ngawur saya mencoba menganggap bahwa kata"baik" di sini ekuivalen dengan kata"benar" sedangkan kata "buruk" ekuivalen dengan "salah".

Jadi alangkah baiknya kalau kita tidak dengan semena-mena menyalahkan orang (kelompok) lain dan menganggap bahwa kita (kelompok kita) sebagai pihak yang paling benar.

(3) PA DHA JA YA NYA:

PA DHA JA YA NYA = sama kuat

Pada dasarnya/awalnya semua manusia mempunyai dua potensi yang sama (kuat), yaitu potensi untuk melakukan kebaikan dan potensi untuk melakukan keburukan. Mungkin memang benar ungkapan bahwa manusia itu bisa menjadi sebaik malaikat tetapi bisa juga buruk seperti setan dan juga binatang. Mengingat adanya dua potensi yang sama kuat tersebut maka selanjutnya tugas manusialah untuk memilih potensi mana yang akan dikembangkan. Sangat manusiawi dan lumrah jika manusia melakukan kesalahan, tetapi apakah dia akan terus memelihara dan mengembangkan kesalahannya tersebut?Potensi keburukan dalam diri manusia adalah hawa nafsu, sehingga tidak salah ketika Nabi Muhammad SAW menyatakanbahwa musuh terbesar kita adalah hawa nafsu yang bersemayam dalam diri kita masing-masing.

(4) MA GA BA THA NGA:

Ma: Sukma = sukma, ruh, nyawa

Ga: Raga = badan, jasmani

Ba-Tha: bathang = mayat

Nga: Lungo = pergi

Secara singkat MA GA BA THA NGA saya artikan bahwa pada akhirnya manusia akan menjadi mayat ketika sukma atau ruh kita meninggalkan raga/jasmani kita.Sesungguhnya kita tidak akan hidup selamanya dan pada akhirnya akan kembali juga kepada Alloh. Oleh karena itu kita harus senantiasa mempersiapkan bekal untuk menghadap Alloh.

Sumber :DAMAR WEB

banner125.gif

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

22 tanggapan untuk "filosofi huruf jawa kuno"

Sepupu BlΔck JΔck pada 19:32, 27-Mar-13

Pertamax kawan!
Solar Habis.


Visit : down-arrow

http://dimazputrablogs.mywapblog.com/5-situs-download-terlengkap.xhtml

Jaey McDonald pada 19:33, 27-Mar-13

Folosofinya bagus sob, tapi ane blm paham, ane nyimak'' dlu ya sob,

bangrajesh pada 19:38, 27-Mar-13

assalamualaikum,.. Kesetiaan dari Dora dan Sembada dalam menjaga
amanat yang amat besar
sampai terjadi pertarungan
diantara mereka hingga
mereka berdua malah mati
bersama. ..Banyak versinya pa ustadz tp apa yg pa ustadz tulis itu akan menjadi bahan renungan,. Sbb yg mengerti ttg cerita ini hanya orang2 hakekat,. Mungkin.. Slmt malam mas brow

Khozin Art pada 20:14, 27-Mar-13

baru tau aku sob, ternyata hanacaraka ada artinya .. Mantap sob artikelnya.

siddick rocksiderx pada 20:15, 27-Mar-13

Kunjungan perdana, kunbalny ya sobmrgreen

BERBAGI DENGAN IKHLAS pada 21:39, 27-Mar-13

wah jd mengerti ane kang sblumnya ane babarblas gk tau arti dari aksara jawa makash kang penjabarannya

Juakapatrick pada 06:54, 28-Mar-13

Met Pagi, selamat menjalankan aktivitas sobb..Suksess deh blog nya,. Saya hadir untuk nyimak doang, hhe biggrin biggrin biggrin

Post nya kerennn cool
.Salam kompak ya sobb,.... Kalau ada waktu berkunjung balik ya wink
http://tokjakas.mywapblog.com/ smile

.Jangan lupa follow aku, kalau ada waktu nanti ku follow back juga.. 0keee wink

Zhaoldyeck pada 07:46, 28-Mar-13

Kunjungan pagi aja sob. dan saya keliling dulu ya sob.

http://dedekzhaoldyeck.heck.in/komik-naruto-chapter-625-bahasa-indonesi.xhtml

Muhammad Arbain pada 08:32, 28-Mar-13

Kunjungan Pagi Sooob
Sekedar mau jalan-jalan aja, cari info


Ditunggu Kunbalnya ke sini yaa.. . .

http://arbain.mywapblog.com/

bangrajesh pada 09:49, 28-Mar-13

sugeng enjang paustadz,... Tilik...

Zizhie pada 11:30, 28-Mar-13

mantaf postnya master..kalo sempet mampir ya mrgreen

USER NEWBIE MYWAPBLOGCOM pada 14:20, 28-Mar-13

Wahhh mantappp sad

Ilmu lama bersemi kembali

Harap membaca

Jika ada waktu,dan gak ada waktu silhkan mampir keblog saya ini.karena saya selalu memberikan pengetahuan buat teman-teman ku mwb

thaliban alcharish pada 17:39, 28-Mar-13

Hadir sob di kunjungan soreku!

Mantab + bermanfaat sob postingannya!

Hisam pada 17:55, 28-Mar-13

wah pantas sekali ni jadi mufassirin kayak Dr quraisyihab kamu. hehe,
eh pesenan kamu udah aku bikin nadoman aqidatul awam dalam bentuk gambaf jpeg sob, dan kalau mau silahkan mampir lagi di tempatku sob, ambil yang hp ya.
makasih telah mampir ya pak ustadz, sepunteni kulo telat maleh smile

Hisam pada 20:57, 28-Mar-13

alhamdulillahsampun kola dandoasi kang dowlod gambar jpeg kitab aqidatul awam , matur suwun ngeh pak ustazd.

erlangcell pada 00:01, 29-Mar-13

ini ilmu yang sangat dalam ya sob,,ane blum nyampek ke sana,,sampean dah paham ,,mantab,,sob

Antony Stark pada 17:10, 30-Mar-13

Berbagi rumah aja gmana lur ,wkwkwk
biggrin

longchamp gloucester pada 18:45, 13-Mei-13

you're in reality a just right webmaster. The website loading velocity is incredible. It seems that you're doing any distinctive trick. Also, The contents are masterpiece. you have performed a fantastic task on this topic!
[url=http://longchamp-online5.webnode.fr/]longchamp gloucester[/url]

sujalmo yatno pada 01:10, 12-Des-13

apik tnan mas

IRSANTOR pada 15:56, 12-Des-13

terimakasi mau masuk
di blog ku sahabat

galih ratna pada 15:38, 18-Des-13

Buagus....

salsabila arif pada 07:20, 19-Des-13

tadz maaf penjenengsn apal nggeh aksoro jowo? soale sakniki akeh wong jowo ra njawani,tp tn jepang wontn kurikulum bhs.jowo,nate entn cah jepang seumuran sd puinter kromo inggel tp dereng sagt boso inggris opo maneh bhs.indonesia,gek nulis aksoro jowo nggeh pintr,kulo wong jowo ngaku jowo ra njawani issiin buangt,coz piye...?

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)